Friday 4 September 2015

cerpen : misteri kedungan desa yang hilang, sumber misteri desa pagadungan







 KEDUNGAN, DESA YANG HILANG.


        pada zaman dahulu kala, ada sebuah desa  yang terletak di pinggir perbukitan desa ini bernama desa kedungan. Desa ini damai dan tentram. Semua berjalan seperti halnya desa pada umumnya . penduduknya memiliki kekuatan mistis dan sakti namun  ramah kepada semua orang. Desa ini mempunyai seorang juru kunci/penjaga desa. Namanya adalah ki anteng ,ia adalah seorang yang sangat sakti sehingga di beri wewenang untuk menjaga desa dari segala bahaya yang mengancam desa. karena penjagaan yang sangat baik, desa ini pun sangat damai dan nyaman .

        Desa kedungan mempunyai hubungan yang baik dengan desa tetangga, bahkan hampir tidak ada masalah yang mengancam kedamaian antar desa.  
 Suatu ketika saat malam hari para pemuda dari desa kedungan sedang berjalan-jalan di tepi sungai dekat perbatasan desa kedungan dengan desa galunggung, pada saat yang bersamaan telah terjadi pencurian pusaka di desa galunggung dan pencuri itu pergi melarikan diri ke arah sungai. akhirnya para pemuda itu di tuduh sebagai pencurinya. pemuda itu membantah kalau dia tidak mencuri apapun. namun orang-orang tidak percaya akhirnya pemuda tersebut di bawa ke desa galunggung dan di hukum potong tangan dan dikurung. dan hal ini pun terdengar oleh para penduduk desa kedungan. 

       Karena tidak menerima warga desanya yang tidak bersalah di perlakukan demikian, akhirnya masalah tersebut meluas dan terjadilah perang antara dua desa tersebut. namun, desa kedungan tak mampu melawan kesaktian dari desa galunggung. Akhirnya penjaga desa kedungan mengambil jalan keluar dengan mengguanakan pusakanya untuk membuat pelindung desa sehingga desa tidak dapat dilihat dan di tembus dari luar, dan yang didalam desa kedungan pun tidak dapat keluar dari pelindung itu namun dapat melihat keluar. dan yang dapat membuka pelindung tersebut hanyalah ki anteng.

      Desa jadi aman berkat pelindung itu semua penduduk merasa terlindungi, namun tak lama kemudian ki anteng meninggal, warga desa jadi bingung karena hanya ki anteng yang dapat membuka pelindung itu. Akhirnya desa kedungan menghilang  dan sampai saat ini tidak ada yang tahu bagaimana keadaannya.




cerita ini hanya karangan belaka yang berdasarkan pada mitos desa pagadungan



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

No comments:

Post a Comment